BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pemuda adalah seseorang yang mempunyai semangat juang yang tinggi buat
dirinya sendiri dan orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Permasalahan pemuda adalah masalah abadi yang akan terus berlanjut karena
pemuda adalah akibat proses pendewasaaan seseorang untuk lebih mengenal akan
karakter individu masing-masing. Jika masalah pemuda terus berlanjut maka akan
mempengaruhi proses bersosialisasi para pemuda. Jika pemikiran pemuda tidak
selaras untuk membangun bangsa maka akan menyebabkan negara dalam keadaan
berbahaya. 1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian
dari pemuda dan sosialisasi?
2. Apa itu
internalisasi belajar dan sosialisasi
3. Apa peranan
pemuda dalam masyarakat
4. Bagaimana pola
dasar pembinaan dan pengembangan generasi generasi muda?
5. Apa saja
masalah-masalah pada generasi muda?
6. Apa saja
potensi-potensi generasi muda?
7. Apa tujuan pokok
dari sosialisasi?
8. Bagaimana
mengembangkan potensi generasi muda?
9. Apa pengertian
dari pendidikan dan perguruan tinggi?
10. Sebutkan alasan untuk mengenyam
pendidikan tinggi!
1.3 Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui
pengertian dari pemuda dan sosialisasi
2. Mengetahui
peranan pemuda dalam sosialisasi
3. Mengetahui
permasalahan pada generasi muda
4. Mengetahui cara
mengembangkan potensi generasi muda
5. Mengetahui
internalisasi belajar dan sosialisasi
BAB II
TEORI
TEORI
2.1 Pemuda
Menurut Zakiah Darajat, Bahwa pemuda atau remaja diartikan sebagai masa
perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan
biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
2.2 Sosial
Menurut Soerjono Soekanto, bahwa sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan
kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.
BAB III
ANALISIS
3.1 Pemuda dan Identitas
A. Internalisasi belajar dan sosialisasi
Internalisasi adalah perubahan individu dalam masyarakat. Dan sosialisasi
adalah proses yang mempelajari tentang norma-norma yang akan membentuk
karakternya.
B. Proses
Sosialisasi
1. Tahapan
Persiapan
Tahapan ini dilakukan sejak lahir, dimana saat anak-anak mengenal dunia,rumah dan orang tuanya dengan cara meniru walaupun tidak sempurna.
2. Tahapan Meniru
Tahapan ini dimana sudah mulai sempurna meniru apa yang dilakukan orang
dewasa.
3. Tahapan Siap
Bertindak
Tahap ini adalah tahap anak hanya meniru menjadi dirinya sendiri.
4. Tahapan Norma
Kolektif
Tahapan ini adalah dimana dia sudah mengetahui norma-norma yang berlaku
dan bisa memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.
C. Peranan Pemuda
dan Mahasiswa dalam Masyarakat
Pemuda dan mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat
untuk mencapai tujuan yang baik sebagai berikut :
1. Peranan pemuda
dan mahasiswa dalam usahanya untuk menyesuaikan diri pada lingkungan
2. Peranan pemuda
dan mahasiswa untuk menolak menyesuaikan diri pada lingkungan
3. Asas edukatif
4. Asas persatuan
dan kesatuan bangsa
5. Asas swakarsa
6. Asas keselarasan
7. Asas
pendayagunaan
D. Pola Dasar
Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan sebagai
berikut:
1. Landasan Idiil =
Pancasila
2. Landasan
konstitusional = UUD 1945
3. Landasan
strategi = Garis-garis Besar Haluan Negara
4. Landasan
histories = Sumpah Pemuda dan Proklamasi
5. Landasan
normatif = Tata nilai di tengah masyarakat
E. Pengertian
Pokok Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Pengertian pokok pembinaan dan pengembangan
generasi muda ada 2 pengertian yaitu:
1. Generasi muda
sebagai obyek pembinaan dan pengembangan, adalah mereka yang masih memerlukan
pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuannya
ketingkat yang lebih optimal dan belum dapat bersikap mandiri.
2. Generasi muda
sebagai subyek pembinaan dan pengembangan, adalah mereka yang
telah memiliki bekal-bekal dan kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri
dalam keterlibatannya secara fungsional bersama potensi lainnya.
F. Masalah-masalah
pada Generasi Muda
Banyak permasalahan pada generasi muda sampai saat ini diantaranya :
1. Menurunnya jiwa
idealisme, patriotisme dan nasionalisme
2. Fasilitas
pendidikan yang kurang baik bagi generasi muda
3. Lapangan kerja
yang kurang untuk para generasi muda
4. Kurangnya gizi
dapat menyebabkan menghambat kecerdasan generasi muda
5. Sikap
apatis
6. Kurangnya harga
diri
7. Pergaulan yang
bebas dimana ini bisa menyebabkan moral yang rusak pada generasi muda
8. Banyaknya
perkawinan yang dibawah umur terutama di masyarakat pedesaan
G. Potensi-potensi
Generasi Muda
Potensi-potensi generasi muda yang diharus dikembangkan dan diajarkan adalah
sebagai berikut:
1. Idealisme dan
daya kritis
2. Dinamika dan
kreativitas
3. Optimis dan
semangat yang tinggi
4. Terdidik
5. Keanekaragama
dalam kesatuan dan persatuan
6. Jiwa patriotisme
dan nasionalisme
7. Kemampuan
menguasai ilmu & teknologi
8. Berani mengambil
resiko
9. Sikap
kemandirian dan disiplin
10. Tanggung Jawab
H. Tujuan
Pokok dari Sosialisasi
Bersosialisasi sangat penting karena bertujuan untuk :
1. Memberikan
keterampilan terhadap seseorang agar mampu mengimbangi hidup bermasyarakat
2. Membantu
mengendalikan fungsi organik dengan latihan mawas diri yang tepat
3. Membiasakan diri
dengan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok pada
masyarakat
masyarakat
4. Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi secara efektif
3.2 Peguruan dan PendidikanA. Mengembangkan Potensi Generasi muda
Mengembangkan potensi generasi muda dapat dilakukan dengan cara program wajib belajar 12 tahun. Ini diterapkan supaya menurunkan tingkat pengangguran. Mengembangkan potensi generasi muda juga dapat dilakukan dengan menyalurkan hobi atau kesenangan masing-masing.
B. Pendidikan dan Peguruan Tinggi
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai ilmu di bidang keinginannya agar bermanfaat bagi agama, keluarga, dan negara. Sedangkan perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan yang disebut dengan mahasiswa. Nama tenanga kerja diperguruan tinggi adalah dosen. Disinilah tempat mempelajari lebih dalam lagi pelajaran dari SD,SMP, dan SMA/SMK yang akan memajukan bangsa.
C. Alasan untuk Berkesempatan Mengenyam Pendidikan Tinggi
Alasan untuk berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi adalah untuk mendalami lebih
dalam lagi pelajaran yang di dapat dari SD,SMP, dan SMA/SMK supaya mendapatkan ilmu yang tinggi lagi yang akan berguna bagi keluarga dan bangsa. Dan berkesempatan juga untuk bersosialisasi ke masyarakat yang baru.
Refrensi
http://eritaku.tumblr.com/post/66342725111/assignment-ilmu-sosial-dasar-pemuda-dan
http://www.pengertianahli.com/2013/08/pengertian-remaja-menurut-para-ahli.html
http://celoteh-galang.blogspot.co.id/2012/10/pemuda-sosialisasi-identitas-perguruan.html
https://aryanipuspitasaridevi.wordpress.com/2012/10/27/bab-ii-internalisasi-belajar-dan-spesialisasi/
https://ciptadestiara.wordpress.com/category/pola-dasara-pembinaan-dan-pengembangan-pemuda/
http://dimasmelodi.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-pokok-pembinaan-dan.html
http://etrisetiowati.blogspot.co.id/2011/10/tujuan-pokok-sosialisasi.html
http://eritaku.tumblr.com/post/66342725111/assignment-ilmu-sosial-dasar-pemuda-dan
http://ajinovyanw.blogspot.co.id/2011/10/potensi-potensi-generasi-muda.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar