BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi,
audio
dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Perkembangan teknologi yang pesat membuat
segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah serta praktis. Banyaknya temuan baru di
dunia teknologi mempermudah berbagai macam aktivitas yang dilakukan dalam
keseharian manusia. Mudahnya mengakses informasi di pelbagai media, berkaitan
erat dengan istilah multimedia. Bagi generasi millennial yang kreatif,
inovatif, serta suka pelbagai hal baru menikmati multimedia yang dihadirkan di
dunia teknologi dan informasi. Penyampaian informasi yang menarik kepada public
adalah senjata utama bagi multimedia. Penyampaian informasi dalam media saat
ini banyak disajikan dengan elemen multimedia seperti VIK Kompas dan Tirto.id.
1.2.Tujuan
Masalah
1.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui pengertian dari multimedia
2.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui konsep dasar dari multimedia
3.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui manfaat multimedia
4.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui multimedia untuk pendidikan
5.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui multimedia untuk aplikasi umum
6.
Mahasiswa/mahasiswa
dapat mengetahui Internet Based
1.3.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian
dari multimedia?
2.
Bagaimana
konsep dasar dari multimedia?
3.
Apa saja
manfaat multimedia?
4.
Bagaimana
multimedia untuk pendidikan?
5.
Bagaimana
multimedia untuk aplikasi umum?
6.
Apa yang
dimaksud dengan Internet Based?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi,
audio
dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
2.2.
Konsep Dasar dari Multimedia
Mulimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan kepada pengguna komputer. Ada dua
jenis multimedia, yaitu multimedia linier (tetap) dan multimedia interaktif
(dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif pengguna diberikan fasilitas
untuk mengendalikan atau memainkan elemen - elemen multimedia yang tersedia.
Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen
yang terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka interactive
multimedia tersebut berubah menjadi hypermedia. Contoh mudah
multimedia linier adalah media televisi.
Dalam
pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu
mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif
yaitu pada game dan aplikasi komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol
agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Orang atau kelompok yang
merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
2.3. Manfaat Multimedia
Secara umum manfaat yang dapat
diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah
waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses
belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa/mahasiswa
dapat ditingkatkan.
Sedangkan
keunggulan multimedia pendidikan adalah sebagai berikut.
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak
tampak oleh mata, seperti
kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak
mungkin dihadirkan di
sekolah, seperti gajah, rumah, gunung
dan lain-lain.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,
rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya
suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
4.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
5.
Menyajikan
benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau,
racun dan lain-lain.
6.
Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa/mahasiswa.
2.4. Multimedia dalam Pendidikan
Multimedia untuk pendidikan
memiliki banyak manfaatnya yaitu sebagai berikut
1.
Multimedia
membuat pelajar mengerti isi pelajaran
2.
Multimedia
membuat siswa/mahasiswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
3.
Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
4.
Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan
5.
Multimedia
mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
6.
Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
7.
Multimedia
kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
8.
Multimedia
mampu menghibur selama proses pembelajaran
9.
Multimedia
membuat terjadinya interaktif antara siswa/mahasiswa dengan teknologi terkini
10.
Multimedia
memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
11.
Multimedia
membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
12.
Multimedia
memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa/mahasiswa karena siswa/mahasiswa
diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang
sesuai dengan diri sendiri.
2.5. Multimedia untuk Aplikasi Umum
Multimedia hampir bisa
digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan
teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir
dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio,
handphone dan komputer.
Penerapan Multimedia Menurut Vaughan
(2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
Aplikasi Multimedia
Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
Bisnis
Aplikasi multimedia
dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo
produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak
ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa
harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia
inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
Pendidikan
Aplikasi multimedia
dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi
lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu
monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah
pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan
kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi
– animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu
meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
Rumah
Aplikasi multimedia
dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM
atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin
permainan yang
menggunakan televisi sebagai penyalur
multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana
semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
Tempatumum
Aplikasi multimedia di
tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada
hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi
dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada
pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang
terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
2.6. Internet Based
Internet merupakan
singkatan dari interconnected computer networks atau bisa didefinisikan sebagai
jaringan komputer yang tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer
satu dengan pengguna komputer yang lainnya serta dapat berhubungan komputer di
sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut
mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing
atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan online di internet. Secara
harfiah internet ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung menggunakan standart internet protocol suite (TCP/IP) untuk
melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.
Jadi Internet Based
adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet dengan
berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara
synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka
web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit
tentang web.
Refrensi :
Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://delianadestisera31.blogspot.com/2018/03/pengertian-dan-konsep-dasar-multimedia.html
https://april04thiem.wordpress.com/2010/10/26/perkembangan-multimedia-dalam-dunia-pendidikan/
http://imjovanojonathans.blogspot.com/2013/12/manfaat-multimedia-dalam-bidang.html
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
http://delianadestisera31.blogspot.com/2018/03/pengertian-dan-konsep-dasar-multimedia.html
https://april04thiem.wordpress.com/2010/10/26/perkembangan-multimedia-dalam-dunia-pendidikan/
http://imjovanojonathans.blogspot.com/2013/12/manfaat-multimedia-dalam-bidang.html
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar