Konsep Teknologi Informasi & Multimedia


KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA

Nama : Reza Indra Setiawan
Kelas : 4IB04A
NPM : 15415831

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah serta praktis. Banyaknya temuan baru di dunia teknologi mempermudah berbagai macam aktivitas yang dilakukan dalam keseharian manusia. Mudahnya mengakses informasi di pelbagai media, berkaitan erat dengan istilah multimedia. Bagi generasi millennial yang kreatif, inovatif, serta suka pelbagai hal baru menikmati multimedia yang dihadirkan di dunia teknologi dan informasi. Penyampaian informasi yang menarik kepada public adalah senjata utama bagi multimedia. Penyampaian informasi dalam media saat ini banyak disajikan dengan elemen multimedia seperti VIK Kompas dan Tirto.id.

1.2.Tujuan Masalah

1.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui pengertian dari multimedia

2.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui konsep dasar dari multimedia

3.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui manfaat multimedia

4.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui multimedia untuk pendidikan

5.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui multimedia untuk aplikasi umum

6.      Mahasiswa/mahasiswa dapat mengetahui Internet Based

1.3. Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari multimedia?

2.      Bagaimana konsep dasar dari multimedia?

3.      Apa saja manfaat multimedia?

4.      Bagaimana multimedia untuk pendidikan?

5.      Bagaimana multimedia untuk aplikasi umum?

6.      Apa yang dimaksud dengan Internet Based?

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

2.2. Konsep Dasar dari Multimedia

Mulimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan kepada pengguna komputer. Ada dua jenis multimedia, yaitu multimedia linier (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen - elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen yang terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka interactive multimedia tersebut berubah menjadi hypermedia. Contoh mudah multimedia linier adalah media televisi.



          Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Orang atau kelompok yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.



2.3. Manfaat Multimedia

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa/mahasiswa dapat ditingkatkan.

Sedangkan keunggulan multimedia pendidikan adalah sebagai berikut.

1.      Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti

kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.

2.      Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di

sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.

3.      Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.

4.      Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.

5.      Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.

6.      Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa/mahasiswa.

2.4. Multimedia dalam Pendidikan

Multimedia untuk pendidikan memiliki banyak manfaatnya yaitu sebagai berikut

1.      Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran

2.      Multimedia membuat siswa/mahasiswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran

3.      Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan

4.      Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan

5.      Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain

6.      Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan

7.      Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran

8.      Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran

9.      Multimedia membuat terjadinya interaktif antara siswa/mahasiswa dengan teknologi terkini

10.  Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran

11.  Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan

12.  Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa/mahasiswa karena siswa/mahasiswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri.



2.5. Multimedia untuk Aplikasi Umum

Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat adalah televisi, radio, handphone dan komputer.

Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :



Aplikasi Multimedia Menurut Vaughan (2004, p4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :

Bisnis

Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.



Pendidikan

Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.



Rumah

Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang

menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.



Tempatumum

Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.



2.6. Internet Based

Internet merupakan singkatan dari interconnected computer networks atau bisa didefinisikan sebagai jaringan komputer yang tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer satu dengan pengguna komputer yang lainnya serta dapat berhubungan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan online di internet. Secara harfiah internet ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standart internet protocol suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.

Jadi Internet Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan penguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web, coba saya jelaskan sedikit tentang web.

Refrensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://delianadestisera31.blogspot.com/2018/03/pengertian-dan-konsep-dasar-multimedia.html
https://april04thiem.wordpress.com/2010/10/26/perkembangan-multimedia-dalam-dunia-pendidikan/
http://imjovanojonathans.blogspot.com/2013/12/manfaat-multimedia-dalam-bidang.html
https://kusdanar.wordpress.com/2013/03/20/internet-based/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar