NAMA : REZA
INDRA SETIAWAN
KELAS : 4IB04A
NPM :
15415831
1.PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Media pembelajaran
merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam
kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang
harus mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Oleh karena itu guru / fasilitator perlu mempelajari bagaimana mengoptimalkan
media sebagai sumber belajar agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan
pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Setelah pertemuan
yang lalu kita telah belajar mengenai macam-macam media pembelajaran, pada
makalah ini akan dibahas mengenai pemanfaatan media media tersebut. Diantaranya
adalah media berbasis audio,
media berbasis audio visual, media
berbasis komputer, multimedia berbasis komputer dan interaktif video, serta media berbasis internet.
1.2. Rumusan Masalah
1. Bagaimana menggunakan media sebagai
sumber belajar?
2. Bagaimana pemanfaatan media dalam pembelajaran?
2. Bagaimana pemanfaatan media dalam pembelajaran?
1.3. Tujuan Masalah
1. Mengetahui bagaimana
pemanfaatan media dalam pembelajaran.
2. Untuk mempermudah
bagi guru/pendidik dimana menyampaikan informasi materi kepada anak didik.
3. Untuk mempermudah
bagi anak didik dalam menyerap atau menerima serta memahami materi yang telah
disampaikan oleh guru/pendidik.
4. Untuk dapat mendorong
keinginan anak didik untuk mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang materi
atau pesan yang disampaikan oleh guru/pendidik.
2. PEMBAHASAN
2.1. Definisi Multimedia
Multimedia
terdiri dari dua kata "multi"
artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan
dan mempresentasikan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan
beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi
dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Berikut
beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli :
1.
Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
2.
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
3.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4.
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin
dan Linda, 2001)
2.2. Manfaat Multimedia bagi Masyarakat
1.
Bidang Pendidikan
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
·
Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
·
Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi
pelajaran
·
Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan
berkesan
·
Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
·
Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan
ilmu lain
·
Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya
dengan ilmu pengetahuan
·
Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
·
Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
·
Multimedia membuat terjadinya interaktif antara siswa
dengan teknologi terkini
·
Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah
kaidah pengajaran
·
Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi
lebih menyenangkan
·
Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada
siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan
belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
·
Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya
pembelajaran yang berbeda
·
Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan
interaktif di antara siswa melalui diskusi
·
Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan
konstruktivisme.
·
Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar
sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
·
Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan
belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
2.
Bidang Kesehatan
· Mempermudah Dokter dan Perawat dalam
memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer,
aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat
perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta,
tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi
organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi
kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3.
Bidang Transportasi
·
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang
transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk
menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
·
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak
kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di
layani dengan cepat menggunakan komputer.
4.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor
Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan
adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima
surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi
semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan
robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan
komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan
perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6.
Bidang Jasa Konstruksi
· Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD,
sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.
Bidang Jasa Percetakan
· Percetakan koran, majalah , buku-buku,
semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam
waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan
bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan
dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas
koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi
dantidak up-to date lagi.
8.
Bidang Industri Perfilman
· Semua efek-efek di dunia akting ,
animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik
yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan
animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film
Hollywood berjudul TITANIC itu
sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan
tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
2.3. Penggunaan Multimedia bagi Kehidupan
Sehari-hari
Sudah
kita ketahui bersama bahwa penggunaan multimedia pada saat ini sangat
bermanfaat dan membantu kita dalam mengatasi masalah dan memudahkan proses
pembelajaran. Gabungan teks, grafik, audio,
video dan animasi menjadikan daya
tarik sendiri dalam dunia multimedia.Sebagai contoh multimedia dalam dunia
pendidikan, seorang guru atau pengajar dapat dengan mudah menjelaskan dan siswa
pun dapat dengan mudah memahami konsep yang ingin disampaikan oleh guru.
Dalam
mengajar misalnya guru boleh menggunakan teks, grafik dan animasi dalam hal ini
guru tidak perlu susah payah menerangkan atau menggambar di papan tulis seluruh
pelajaran tersebut, cukup dengan menggambil gambar dari layanan internet lalu
mempresentasikan kepada siswa atau siswi dikelas.multimedia akan sangat
membantu penggunanya, terutama dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus
bagi masyarakat awam. Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga
ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan
sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia.
Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet.
Multimedia
mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain
untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian
anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping
memungkinkan anda berbelanja dari rumah.multimedia dapat digunakan untuk
bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk
mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta
elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini
digunakan pada bidang kehidupan manusia,
maka
dapat diketahui bahwa tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai berikut:
Multimedia
dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.Penggunaan multimedia dalam
lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna
tersebut.
Multimedia
memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang,
seperti bidang pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk
pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh
kegunaan multimedia:
1.
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2.
Bidang industri, seperti dalam pembuatan prototype cara kerja mesin.
3.
Bidang kesehatan, seperti dalam penyuluhan dan himbauan
kepada masyarakat.
4.
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran
secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh
berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik.
5.
Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam
pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif, dan lain-lain.
Dengan adanya Multimedia hampir semua orang dapat
merasakan manfaatnya, kita bisa
mendapatkan informasi dengan mudah.
3. KESIMPULAN
Setelah
mempelajari materi ini kita dapat mengetahui bagaimana memaksimalkan media
media yang ada khusunya media yang berbasis visual,
audio visual, berbasis komputer, berbasis komputer dan interaktif video, dan berbasis internet sehingga
dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru dalam proses belajar mengajar.
Walaupun
ada sebagian media yang masih dianggap mahal, dalam beberapa tahun mendatang
semoga biaya itu akan semakin rendah dan dapat terjangkau sehingga dapat
digunakan secara meluas diberbagai sekolah.
Refrensi :
http://atthamimy.blogspot.com/2014/11/pemanfaatan-media-dalam-pembelajaran.html
http://flexsibelselalu7474.blogspot.com/2017/10/makalah-manfaat-multimedia-bagi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar